jalan menuju keberhasilan

Rabu, 15 Juni 2011

Intel Rilis Chip Khusus Tablet

Intel memperkenalkan prosesor terbaru yang khusus dibuat untuk perangkat tablet. Chip bernama Intel Atom Oak Trail ini sudah dibidik 35 vendor perangkat tablet, seperti Fujitsu, Lenovo, Evolve, Razer, Viliv, dan sebagainya.

Chief Representative Intel Indonesia Santosh Viswanathan mengatakan prosesor tersebut memiliki ukuran 60 persen lebih kecil dari kelas prosesor Intel Atom lainnya. Daya listrik yang dikonsumsi juga lebih sedikit, yakni 3 watt. "Oleh karenanya, cip ini cocok sekali untuk tablet," katanya di Jakarta, Selasa, 14 Juni 2011.

Prosesor Intel Atom Z670 yang merupakan bagian dari platform Oak Trail, kata Santosh, mampu menyuguhkan playback video, cepat tersambung ke Internet, dan memiliki daya tahan baterai yang lebih lama. "Prosesor ini juga mendukung teknologi HDMI dan Adobe Flash," katanya.

Cip tersebut dapat bekerja di berbagai sistem operasi, yakni Google Android, MeeGo, dan Windows. Dengan fleksibilitas tersebut, maka produsen bisa leluasa membenamkan prosesor itu di perangkat tablet atau netbook buatannya.

Intel menyediakan dua fungsi tambahan di dalam cip tersebut, yaitu Intel SpeedStep dan Intel Enhanced Deeper Sleep. Speed Step mampu memacu clocking atau denyut jantung CPU sehingga bekerja lebih cepat. Sementara, Enhanced Deeper Sleep membantu menghemat daya selama tablet tidak digunakan.

Santosh juga memamerkan dua tablet Evolve III yang menggunakan prosesor Oak Trail. Masing-masing tablet itu berjalan dengan sistem operasi Windows 7 Home Premium dan Google Android 2.2 (Froyo).

Baterai pada tablet Evolve III Android Froyo mampu bekerja selama 16 jam, sedangkan yang berjalan dengan Windows 7 Home Premium tahan sampai 10 jam.

0 komentar:

Posting Komentar

newer post older post Home