jalan menuju keberhasilan

Sabtu, 10 Desember 2011

Motor Sport Paling Laris 2011-2012



1. Yamaha Vixion. (dok ymki)



YAMAHA Vixion menjadi sepeda motor sport terlaris sepanjang Januari-November 2011. Total volume penjualan Vixion tercatat sekitar 220-an ribu unit. Angka itu naik sekitar 12% dibandingkan raihan periode sama 2010 yakni sekitar 196 ribuan unit.
Data yang saya peroleh menyebutkan, pangsa pasar Vixion mencapai sekitar 36,78%, jauh mengungguli produk lain yang dibesut para Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) lainnya. Memang, jika dibandingkan pangsa pasar sebelas bulan 2010, prestasi Vixion kali ini melemah. Maklum, pada tahun lalu Vixion masih mengantongi pangsa pasar sekitar 41,68%.
Saya menduga, kemampuan Vixion tetap merajai singasana motor sport di pasar domestik karena tampilan dan harga yang disodorkan masih terjangkau konsumen motor sport. Saat ini, Vixion dibanderol sekitar Rp 21 juta per unit. Motor sport yang dibalut mesin injeksi itu, faedahnya dianggap masih sepadan dengan uang yang dikeluarkan oleh konsumen.

Sementara itu, motor sport paling laris nomor dua di Indonesia adalah Honda New Megapro. Produk ini mengantongi sekitar 160 ribuan unit, sedangkan pangsa pasarnya sekitar 26,50%.


2. Honda New megapro. (dok edo)



New Megapro dan Vixion adalah sama-sama motor sport yang dibalut mesin 150cc. Tampaknya, tren konsumen saat ini ada di kelas mesin tersebut. Bedanya, New Megapro baru merangsek pasar pada Agustus 2010, menggantikan peran seniornya, Honda Megapro 160cc.
Yamaha Byson menempati motor sport ketiga terlaris. Pada Januari-November 2011, Byson mengantongi volume penjualan sekitar 49 ribuan unit. Pangsa pasar yang dicatatnya sekitar 8,13%.
Motor sport yang satu ini juga dibalut mesin 150cc. Byson mulai menjajal pasar pada September 2010. Kehadirannya melengkapi dua peluru motor sport milik Yamaha yang sudah lebih dulu ada, yakni Vixion dan Scorpio Z.
Di posisi keempat dipegang oleh Kawasaki Ninja 150. Motor yang merangsek pasar dengan tiga varian itu, terjual sekitar 41 ribuan unit. Sedangkan pangsa pasarnya sekitar 6,84%.
Posisi kelima terbesar adalah Honda Tiger. Dalam peringkat lima besar motor terlaris, Tiger adalah motor sport dengan mesin terbesar, yakni 200cc. Volume penjualan yang dikantonginya sekitar 27 ribuan unit, dengan pangsa pasar 4,58%.

Yamaha Masih Teratas

Sepanjang Januari-November 2011, dari 20-an varian motor sport anggota Aisi, total penjualannya sekitar sekitar 604 ribuan unit. Angka itu naik sekitar 28,31% dibandingkan periode sama 2010 yang sekitar 471 ribuan unit.

3. TVS Apache warna putih. (dok edo)



Dari total penjualan sebelas bulan 2011, Yamaha masih mengantongi pangsa pasar terbesar, yakni sekitar 49,06%. Yamaha cukup tangguh, sekalipun bergantung hanya pada tiga varian, yakni Vixion, Scorpio Z, dan Byson. Tulang punggung Yamaha masih ada di Vixion.
Sekalipun Yamaha mampu mendongkrak volume penjualan hingga sekitar 26,86%, namun tak mampu menahan laju penurunan pangsa pasar. Pada 2010, pangsa pasar Yamaha sekitar 49,69%.
Maklum sang kompetitor, yakni Honda, terus merangsek. Tak tanggung-tanggung, Honda mengguyur pasar dengan enam varian. Honda menempati posisi kedua dengan pangsa pasar sekitar 35,35%. Pertumbuhan volume penjualan Honda lebih tinggi dibandingkan Yamaha, yakni sekitar 35,35%.
Sedangkan Kawasaki menempati posisi ketiga dengan pangsa pasar sekitar 13,75%. Di posisi keempat dan kelima masing-masing, Suzuki (1,32%) dan TVS (0,51%).
Di antara anggota Aisi yang bermain di segmen motor sport, TVS termasuk istimewa. Maksudnya, volume penjualan TVS tumbuh paling tinggi, yakni sekitar 48,92%. Sementara itu, Suzuki mencatat kinerja terendah, yakni turun 45,33%.

0 komentar:

Posting Komentar

newer post older post Home